Loading

wait a moment

YCR 2016 SUDAH HADIRKAN JUARA UMUM, GALANG HENDRA COACHING 13 RIDER MUDA

Hendra Rusady (Eenk) Juara Umum YCR7
Babak final Yamaha Cup Race 2016 (YCR 2016) berlangsung di Sirkuit Bukit Peusar Tasikmalaya (10-11 Des). Jadi penentuan juara umum dari berbagai kelas didesain berlangsung di lintasan permanen. “Jadi trek Bukit Peusar sekarang ini layout yang berbeda dari sebelumnya setelah direnovasi saat PON XIX jabar 2016 lalu. Segi peserta yang datang juga tidak hanya dari Jawa. Juga beberapa tim asal Sumatera, Bali, Kalimantan dan pembalap dari Sulawesi. Pertarungan dijamin akan berlangsung sengit, “terang Suma Adnyana Putra, Supervisor After Sales & Motor Sports PT. Yamaha Indonesia Motor Manufaturing (YIMM) yang juga hadir.

Acara dimulai dengan tradisi coaching-clinic atau langkah pembekalan para pebalap muda yang tergabung di kelas YCR5 dan YCR6 atau yang berusia 15 tahun kebawah. Dalam hal ini melibatkan racer muda berprestasi asal Yogyakarta, Galang Hendra Pratama. Galang yang pernah dua kali menimba ilmu di sekolah balap milik Valentino Rossi VR46 Master Camp pada bulan Juli dan September 2016 ini memberikan cara terbaik menaklukkan lintasan Bukit Peusar yang notabene memiliki panjang 1,3 km dan menu 16 tikungan.

Mulai racing line, teknik pengereman, riding-style dan buka-tutup gas. “Tikungan terakhir adalah kunci utama trek Bukit Peusar. Harus berani buka gas di persneling 4 dan 5 agar top speed dapat dicapai jelang tikungan 1, “tutur Galang Hendra yang konsen di balap AP250 gelaran Asia Road Racing Championship 2016 (ARRC 2016).

“Yang perlu diperhatikan di Bukit Peusar adalah jangan terlalu banyak menggunakan rem depan. Harus piawai memainkan tubuh karena beberapa permukaan sirkuit yang miring, juga memanfaatkan sisi paling pinggir lintasan agar optimal saat melalui berbagai tikungan, “tambah Galang Hendra yang beberapa waktu lalu juga merebut medali emas dalam PON XIX Jabar 2016, September lalu.

Total terlibat sekitar 13 racer muda dalam sesi coaching-clinic yang berlangsung pada Sabtu sore ini (10 Des). Mereka juga diajak untuk tanya-jawab atas berbagai problem yang dihadapi sehubungan handycap sirkuit. Setelah itu, berlanjut dengan babak  kualifikasi (QTT) atau penentuan grid posisi. Petarung Yamaha Yamalube NHK IRC Nissin NGK Bahtera Racing, Sulung Giwa yang juga kandidat juara umum seeded YCR1 (150 cc) sukses merebut pole-position atau grid terdepan.

Justru yang menjadi kejutan spesial ialah hasil kualifikasi seeded YCR2 (125 cc) dimana pemula Erwin Ridwansyah (Yamalube Mandiri Bien Racing WHK35 FDR NHK RRS 22) menjadi yang tercepat. “Memang kita desain Erwin untuk mencoba level seeded karena tahun depan akan langsung kita naikkan seeded agar jenjang karirnya lebih potensial, “tutur Rey Ratukore selaku mentornya yang juga fokus di balap AP250 ARRC 2016.

Adapun pucuk pimpinan klasemen sementara YCR2 dipegang Dicky Ersa (Yamaha Yamalube NHK IRC Nissin NGK Bahtera Racing) yang harus puas start dari grid ke-5. Potensi Sulung Giwa dan Dicky Ersa meraih predikat juara umum memang sangat terbuka. Mereka cukup bermain aman di posisi 10 besar aja. Beberapa kelas juga dipertandingkan pada Sabtu. Seperti kategori YCR7 atau Moped Retro Class 2 Tak 110 cc Open selesai dipertandingkan.

Ini kompetisi motor 2 tak Yamaha F1Z & F1ZR yang sempat melegenda sejak tahun 1990-an. Petarung asal Tapin, Kalsel, Hendra Rusady, akrab disapa Eenk dengan bendera tim HRVRT BGM HBM SART IKM 4B Kalsel sukses merebut hadiah juara umum dan berhak atas hadiah 1 unit motor Yamaha Mio Z. Tentunya, pertarungan kelas-kelas lain dipastikan berlangsung sengit untuk memperebutkan hadiah juara umum yang menyediakan motor Yamaha MX King 150, Jupiter Z-1 ataupun Mio. Kemeriahan acara YCR 2016 Tasikmalaya juga akan diikuti dengan program penjualan yang sangat menarik.

Jangan lewatkan kesempatan ini. Misal voucher diskon oli Yamalube RS4GP & Apparel VR46 Asia yang diberikan untuk pengunjung yang sebelumnya melakukan test-ride. Juga diskon-diskon menarik dalam penjualan apparel VR46 Asia ataupun di stand-stand sponsor. Tidak hanya sampai disini. Adapula selfie-photo-contest yang berhubungan dengan selfie saat kegiatan YCR dan wajib di posting di media sosial, juga games, lomba fashion-show, pentas musik dan masih banyak lagi acara-acara spesial lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *