Loading

wait a moment

PARADE ROBOT INDUSTRI INDONESIA

Dunia industri di Indonesia semakin maju, perkembangan industri manufaktur dan produksi lainnya terus berkembang setiap tahunnya. Kebutuhan pasar yang tinggi disertai persaingan kualitas dan teknologi produk yang semakin ketat membuat para produsen terus meningkatkan teknologi dan kecepatan produksinya.

Proses Automation menjadi pilihan terbaik, kecepatan dan stabilitas produk merupakan jaminan dari sebuah proses otomatisasi. Presisi dan kinerja yang terjaga juga juga sebuah kelebihan dari proses otomatisasi.

Bicara soal Automation berarti bicara soal Robot. Teknologi Artificial Inteligent ini memang merupakan teknologi tertinggi. Investasi yang besar diawal memang cukup berasa, namun dibayar oleh kinerja yang stabil dan presisi rasanya memang pantas. Belum lagi Robot tidak minta kenaikan gaji setiap tahunnya, sehingga semakin lama tidak akan semakin mahal seperti manusia. Dengan proses Teaching di awal Setup sesuai kebutuhan proses, Robot hanya membutuhkan pengenalan sekali saja setealh itu langsung profesiona. Sedangkan manusia bisa membutuhkan berbulan-bulan untuk menguasai sebuah proses.

Mari kita lihat sejenak beberapa Robot yang sudah digunakan di industri-industri di Indonesia, Robot-robot ini dipamerkan dipamerkan disebuah ajang Exhibition beberapa hari lalu. Lihat saja pada video-video berikut, dimana proses Manufacture dari pabrik Automotive sudah banyak dikuasai Robot. Mulai dari proses Welding (Pengelasan), Painting (Pengecatan), Assembling (Perakitan) dan Packaging (Pengemasan). Robot-robot tersebut sebenarnya juga bisa diposisikan pada proses Manufacture lainnya, tinggal menyesuaikan Gripping/Pencengkeramnya saja.

Memang perubahan teknologi ini membuat manusia akan sedikit dibutuhkan atau banyak yang tersingkir. Namun tidak usah berkecil hati, karena Robot tersebut masih dikontrol oleh manusia. Tinggal bagaimaa kita saja menguasai teknologi, pilihan ada ditangan anda, mau menguasai Robot atau disingkirkan Robot.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *