Loading

wait a moment

MASA TOP SPEED CBR 250RR CUMA 167 KM/H

Masa Top Speed CBR 250RR yang dua silinder cuma sampai 167 Km/H? Itu menjadi pertanyaan yang selalu kepikiran sama saya, dan mungkin oleh semua orang setelah menyaksikan Video Test Ride Otomotif TV. Sungguh aneh memang, dengan Improvement terbaru menggunakan dua silinder kenapa hanya mengahasilkan kecepatan segitu? Apakah buat safety?

keluar-95
Saat Keluar Tikungan 95 Km/H

Sungguh janggal, seperti kita ketahui bahwa CBR 250 R satu silinder bisa menghasilkan Top Speed sampai dengan 170 Km/H, kalau sudah begini tidak ada perubahan atau peningkatan kecepatan. Hal ini sungguh berbanding terbalik dengan harga yang selangit namun konsumen tidak mendapatkan kecepatan yang maksimal.

lurus-125
Top Speed Dengan Gigi 3

Namun itu semua masih dalam Test Ride awal, bisa saja lintasannya yang kurang panjang atau sang penggeber kurang maksimal atau ada unsur lainnya yang membuat tidak maksimal. Yah maklum Test Ride-nya masih di Track Proving Ground-nya Bridgestone, bukan di Sirkuit Sentul. Apa perbedaannya? Sirkuit Sentul mempunyai Main Straight 900 m sedangkan Sirkuit Bridgestone hanya mempunyai Main Straight 850 m. Beda 50 meter mungkin bisa menghasilkan peningkatan Top Speed sampai 170 Km/H, itu prediksi saya. Efektif trek lurus yang digunakan hanya 600 m, dikarenakan untuk safety. Jadi jika digunakan saat balap pun tidak akan menggunakan 900 meter trek lurus tersebut atau efektifnya kurang dari 900 meter tergantung kemampuan pembalap. Dari Video terlihat bahwa CBR 250RR menyisakan sekitar 200 m dari panjang trek lurus, sayang saat diperhatikan, Odometer-nya burem.

proving-ground-lenght
Proving Ground Bridgestone
re-proving-ground-4-11
Denah Sirkuit Proving Ground

 

sentul
Data Sirkuit Sentul

Jika dilihat dari Video bahwa motor ini sudah mencapai 95 Km/H saat keluar tikungan, bisa dikategorikan sudah dalam keadaan cepat, atau sang penggeber sudah mumpuni. Hasilnya CBR 250RR melahap sekitar 600-650 m trek lurus dengan kecepatan mulai dari 95-167 Km/H atau peningkatan kecepatan 72 Km dengan penggunaan Gear Box dari tiga sampai 6. Dan jika dilihat dari putaran RPM menunjukkan nilai maksimal atau tenaga maksimal, jadi sudah sedikit kebayang Top Speed-nya berapa.

lurus-151
Top Speed Dengan Gigi 4
lurus-160
Top Speed Dengan Gigi 5

Tapi semua itu hanya pandangan saya saja, karena saya juga belum mencobanya, dan sangat ingin sekali mencobanya. Jika sudah saya coba akan saya ceritakan kembali sensasinya.

1 thought on “MASA TOP SPEED CBR 250RR CUMA 167 KM/H

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *