Loading

wait a moment

PERAWATAN BERKALA KTM SETIAP 7000 KM

Setelah memanaskan pasar otomotif di GIIAS, KTM melanjutkan aktifitas memperkenalkan teknologinya dengan membuka Workshop bedah motor. Bertempat di KTM Sunter tepatnya Ruko Green Lake Sunter, KTM membocorkan teknologi mesin yang digunakan.

ecu-motronic
Motronic ECU by Bosch

Dengan mengadopsi mesin Single Cylinder DOHC pada varian 200, 250 sampai dengan 390 cc dan dilengkapi dengan Anti-Hoping Clutch atau kopling yang tidak membuat roda mengunci saat turun gigi. Dengan teknologi Powerful, mesin KTM paling bertenaga di kelas Mono Cylinder. Dengan tenaga maksimal 31.3 HP, unggul sampai 6 HP dari dua kompetitornya di Indonesia yaitu Honda CBR 250cc yang hanya mempunyai 26.1 HP dan Kawasaki Ninja Mono yang mempunyai 27.6 HP atau setara dengan Kawasaki Ninja 250R Twin Cylinder yang mempunyai 31.6 HP. Motor Austria ini juga ditunjang dengan Engine Control Unit yang sangat powerful berteknologi Germany yaitu Motronic. Product yang dikembangkan oleh Bosch ini digunakan juga pada Giant Brand seperti BMW, Volvo dan Porsche.

diagnosticdiagnostic-tool

Teknologi KTM ini pun dapat menghemat biaya service dan oli. Karena periode penggantian oli dan service sampai 7000 km, atau sekitar 6x lebih lama dari motor jepang. Rahasianya adalah teknologi sirkulasi oli yang cepat dan dilengkapi dengan system penyemburan oli langsung ke komponen mesin setelah sirkulasi. Dan juga system pendinginan Chanel radiator yang cepat, yang dikontrol oleh Thermostat Sensor yang membuat panas mesin tetap stabil. Hal ini yang membuat system lubrikasi mesin terjaga dan kondisi panas dan sifat oli tetap stabil sehingga oli tidak cepat rusak dan mampu bertahan sampai jarak tempuh 7000 km.

fuse-n-relay
Sistem Relay dan Sekring pada KTM

Oil Lubricant untuk KTM pun tidak harus oli mahal seperti seperti yang isu yang banyak beredar, konsumen boleh menggunakan oli merk apapun asal sesuai standar kekentalan 10w/40 atau 5W/40 untuk pemakaian harian. Tidak hanya itu, mesin KTM pun saat ini dilengkapi teknologi minim getaran serta meminimalkan friksi yang membuat mesin ini lebih bandel. Untuk Head Camshaft-nya pun sudah dilapisi Diamond Coated yang membuat Camsaft kuat dan tangguh sehingga tidak cepat aus.

 

p_20160909_160506

p_20160909_160936
Teknologi Mesin KTM

p_20160909_160813

sprayer
Sistem penyemburan pelumas pada mesin yang merata

Jadi bagi yang masih mempertimbangkan dan ingin membeli motor ini, semoga sedikit penjelasan di atas dapat membantu sebagai referensi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *