Loading

wait a moment

MEMPELAJARI TEKNOLOGI PENGATURAN GAS "THROTTLE BY WIRE"

Throttle By Wire, teknologi sistem pengaturan gas yang sedang panas dibahas. Teknologi ini memang sudah lama, diketahui sudah ada sejak tahun 1980. Namun teknologi tersebut baru diterapkan di Super Car dan Super Bike. Namun tahun ini teknologi tersebut akan diterapkan di motor yang terbilang harga terjangkau dan merupakan kategori motor harian.

Teknologi yang mengganti kontrol putaran gas dari kawat menjadi kabel ini diterapkan di motor yang akan dikeluarkan oleh Honda akhir tahun ini. Honda mengaplikasikan Throttle By Wire ini pada All New CBR250RR. Alasan me-Launching Honda CBR tersebut lebih awal mungkin supaya mentahbiskan Honda sebagai Pioneer Throttle By Wire pada motor harian yang diproduksi di Indonesia. Alasan tersebut kuat untuk melawan inovasi tetangga sebelah yang sedang meroket karena membawa Inverted Fork ke motor harian.

Standard Configuration

Throttle By Wire ini memang sudah seharusnya di aplikasikan di dunia Digital saat ini. Teknologi yang merupakan sistem mekanik menjadi sistem elektrik ini mempunyai kelebihan sendiri. Ketelitian dan pilihan model pembukaan gas menjadi faktor mutlak, mempermudah setup pembukaan gas serta menjadi fitur kebanggaan tersendiri bagi pemilik motor.

Dengan sistem kontrol elektronik yang lengkap pada motor injeksi membuat teknologi ini langsung memenuhi kebutuhan konsumen dari upgrade sistem untuk kondisi balap. Dalam hal ini konsumen yang suka dengan dunia balap tidak perlu mengganti Spare Parts Racing untuk kebutuhan gas. Namun hal tersebut jika motor sudah dilengkapi Engine Control Unit (ECU) yang sudah memiliki modul Multi-RIding.

Racing Configuration

Untuk lebih jelasnya bisa lihat langsung 2 skema gambar Throttle By Wire hasil sedikit pembelajaran dari. Jika ada kesalahan mohon di beri masukan dan kritikan untuk melengkapi kekurangan materi teknologi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *