Loading

wait a moment

WASPADA PENCURIAN MOTOR BERKEDOK PENGGREBEKAN NARKOBA

Pencurian sepeda motor makin menjadi-jadi, modus yang digunakan pun beragam, serta waktu operasinya pun tidak bias diprediksi. Baru-baru ini ada modus baru yang digunakan para maling ini untuk menggasak mangsanya.

Kejadian ini menimpa salah satu rekan kita, yaitu owner dari www.motoengine.com. Beliau baru saja hampir kehilangan motornya. Kejadiannya sekitar pukul 04.00 pagi di garasi rumahnya yang berada di wilayah Ciputat.

IMG-20160829-WA0005
Cable Lock yang berhasil dipotong

 

Sang maling masuk ke dalam garasi dan berhasil memotong kabel gembok (Cable Lock). Saat pemotongan ini sepertinya membuat gaduh dan membangunkan sang pemilik. Rekan kita inipun terbangun dan mengira sumber berisik dari dapur yang disebabkan tikus, tanpa perasaan curiga rekan kita ini bergegas ke dapur untuk memeriksa sambil meminum air untuk melepas dahaga. Tanpa kecurigaan lain, rekan kita ini balik ke kamar tidur. Namun tidak langsung tidur, melainkan bermain Smart Phone berselancar di media social.

IMG-20160829-WA0006
Kunci Kontak dan Kunci Setang sudah berhasil di bobol

 

Selang 30 menit kemudian terdengar suara berisik kembali, setelah di dengar dengan teliti ternyata sumber berasal dari luar rumah. Masih belum ada kecurigaan tentang maling motor, rekan kita ini keluar kamar dan mengintip ke arah garasi. Kaget melihat dua orang berada di dalam garasi, rekan kita ini spontan berteriak “Maling-maling”. Maling motor itupun spontan kaget kemudian dengan sigap berlari keluar dan kabur dengan cepat menggunakan sepeda motor. Maksud untuk keluar dan mengejar maling tersebut pun tidak bias dilakukan, sang maling ini sudah mengikat gagang kunci dengan tali untuk mencegah pemilik rumah keluar rumah. Maling ini cukup cerdik dan sudah berpengalaman.

Setelah diperiksa, ternyata kunci motor sudah jebol dan stang pun sudah tidak terkunci lagi. Namun malingnya sepertinya tidak melihat kunci dua kunci pengaman lagi dibagian roda belakang. Kalo liat mungkin sudah tobat untuk meneruskan aksinya.

IMG-20160829-WA0007
Kunci Pengaman belakang yang belum di bobol

 

Yang anehnya, maling tersebut sempat mengaku polisi yang sedaang melakukan penggerebekan narkoba saat di tegor oleh tetangga depan rumah tersebut. Tetangga tersebut sempat curiga melihat dua motor yang berhenti, kemudian mendekati dan bertanya, jawabanya orang tersebut, “Bapak jangan mendekat lagi ada penggerebekan narkoba”, ungkap bapak itu. Kemudian balik masuk rumah dan sempat memperhatikan orang tersebut seperti membawa pistol. Percaya dengan omongan tersebut bapak tersebut masuk dan berpikir bahwa itu benar-benar Intel.

Yang anehnya dari kejadian ini, para maling tersebut mengincar type motor tertentu. Pada kasus ini maling tersebut memprioritaskan Yamaha YZF-R15 sebagai buruan utama. Padahal ada tiga motor berjejer disitu yaitu; Yamaha R15, Yamaha Nmax dan Honda SupraX 125. Hal ini terbukti yang telah di bobol adalah R15, walau tidak menutup kemungkinan Nmax pun akan di bobol, sedangkan Supra tidak dijadikan target awal, padahal minim kunci pengaman dan rasionalnya proses pencurian pun akan jauh lebih cepat.

Posisi Motor
Posisi parker motor saat kejadian

 

Namun tetap prioritas adalah R15, mungkin peminatnya banyak dan menjualnya lebih tinggi. Atau apa mungkin maling tersebut memilih R15 karena sudah pesanan penadah. Kemungkinan itu semua bias terjadi, yang paling utama adalah kita harus tetap waspada dan bertindak aman dengan memasang kunci ganda. Ingat ganda, jadi harus  lebih dari satu. Karena dari kejadian ini satu kunci bisa di gunting, padahal kunci tersebut adalah kawat baja. Maling sekarang sudah lebih siap dalam menjalankan aksinya.

Walaupun tidak kehilangan, kerugiannya lumayan juga, karena satu set kunci (Lock Sub Assy) R15 ini harganya Rp. 515.000, dan harus Indent pula. Jadi buat Bikers, Safety Riding saja tidak cukup. Tapi juga harus Safety Bike, jangan sampai motor kesayangan hilang begitu saja. Dan jangan sampai mudah percaya jika ada orang yang mencurigakan mengaku-ngaku Polisi atau apalah.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *