Loading

wait a moment

FLAT TRACK MENU PERTAMA VR46 MOTORANCH

Dua pebalap muda potensial binaan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Galang Hendra dan Imanuel Pratna menjalani latihan pertama di MotoRanch VR46, Tavullia, Italia. Demikian berlangsung pada Senin siang hingga sore hari waktu Italia (4 Juli) atau sekitar semalam waktu Indonesia. Sebelum menjalani pelatihan MotoRanch VR46, terlebih dahulu Galang Hendra dan Imanuel Pratna bersama 3 pebalap lainnya yaitu, Peerapong Loinbonpeng (Thailand), Kasma Daniel (Malaysia) dan Soichiro Minamimoto (Jepang) melakukan Gym di FISIO GYM yang beralamat di Via Liguria s/n Pesaro, Italia.

Mantapnya, langsung ditangani Carlo Casabianca, personal-trainer Valentino Rossi dan VR46 Riders Academy.  Tentu saja, menjadi kesempatan langka bagi dua rider kebanggaan Indonesia tersebut hingga mereka dapat memahami metode latihan yang menjadi standar pebalap-pebalap profesional. Secara garis besar, sesi Gym ini mencakup pemanasan yang menggunakan sepeda statis dan berlangsung selama 10 menit serta berfungsi untuk membakar kalori.

Lanjut ke sesi pelemasan (stretching) selama sekitar 1 jam-an. “Tujuan dari semua ini ialah melemaskan otot-otot agar tidak mudah cedera, “terang Carlo Casabianca yang juga pemilik FISIO-GYM. Tidak hanya sampai disini. Berlanjut lagi dengan latihan penguatan otot lengan dan kaki. Setelah menyelesaikan aktifitas gym, kelima petarung diajak beristirahat dan acara  makan siang di restoran Da Rossi yang juga dimiliki Valentino Rossi dan beralamat di Via Cesare Battisti, 7, Tavullia PU (www.darossi.it).

Mantapnya lagi, sambil menikmati menu daging ayam yang dimasak oven, mereka bertemu dengan Graziano Rossi, ayah dari Valentino Rossi. Graziano juga sempat memberikan ucapan selamat dan semangat. Lagi-lagi, sebagai sebuah kesempatan yang jarang terjadi. Bahkan sempat pula melakukan foto bareng. Setelah istirahat dan makan siang yang menelan waktu hampir 2 jam-an, kelima racer muda tersebut masuk ke MotoRanch VR46. Ini yang ditunggu-tunggu.

Menu gemblengan di hari perdana ialah latihan flat-track dengan pacuan Special Engine (SE) Yamaha YZF250. Adapun pelatihnya ialah Marco Belli yang juga juara nasional flat-track Italia. Jadi memang digembleng langsung oleh ahlinya. Sebelum masuk sirkuit, dilakukan pengarahan terlebih dahulu selama sekitar 30 menit. Mencakup teknik dan memahami karakter kudabesi. Baru kemudian diberikan waktu untuk memakai perlengkapan balap.
Pelatihan flat-track ini dimulai dengan memutar sirkuit yang berbentuk oval dengan ukuran tidak lebih dari 20 meter. Karena tahapan awal, jadi semacam pengenalan dahulu. Dalam hal ini, diajarkan teknik mendasar zig-zag, sliding dan memutar dengan tumpuan kaki. Setelah dirasa cukup paham, langsung dipraktekkan di lintasan yang lebih besar. Ada 6 sesi latihan dimana masing-masing sesi menjalani 6 putaran dan tiap sesi ada review sekaligus istirahat.

Tentu saja, latihan hari pertama ini memiliki arti penting bagi Galang Hendra dan Imanuel Pratna sehubungan peningkatan skill balap mereka. “Saya sangat senang sekali bisa menambah pengetahuan dan kemampuan balap saya disini. Tentunya akan sangat berguna bagi perkembangan saya kedepan, “ucap Galang Hendra. “Disini memang merupakan salah satu wahana untuk mencapai tujuan masa depan yang lebih baik dalam dunia balap, “timpal Imanuel Pratna. www.yamaharacingindonesia.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *